25 Makanan Pelancar / Penambah / Penyubur ASI

25 Makanan Pelancar / Penambah / Penyubur ASI

makanan pelancar ASI / Makanan penambah ASI – ASI yang merupakan kepanjangan dari Air Susu Ibu merupakan makanan yang paling baik dikonsumsi bagi bayi  dan balita hingga usia 2 tahun. Manfaat dan keunggulan yang dimiliki ASI sudah tidak diragukan lagi karena sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita. Masyarakat bahkan kaum ibu sudah paham betul terkait dengan manfaat dan keunggulan ASI, namun sayangnya terdapat beberapa masalah yang bisa menyebabkan seorang ibu tidak dapat memberikan ASI bagi anaknya. Kemungkinan hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor,salah satunya yakni nutrisi.

Pada saat seorang ibu sedang mengandung dan menyusui, tentu harus memperhatikan semua asupan yang menjadi sumber energi bagi sang ibu. Karena nutrisi tersebut berpengaruh sangat besar terhadap lancar atau tidaknya ASI. Sebelum membahas lebih jauh terkait nutrisi apa saja yang seharusnya dikonsumsi oleh Bunda yang saat ini dalam proses menyusui agar menghasilkan ASI yang lancar, kita simak dulu informasi selengkapnya di bawah ini.

Kandungan ASI berupa komponen makro dan mikronutrien yang banyak sekali mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati. Salah satu unsur makronutrien yang terkandung dalam ASI adalah karbohidrat, protein serta lemak. Sedangkan komponen mikronutrien yang terkandung dalam ASI misalnya vitamin dan mineral.

Komposisi ASI paling banyak berupa air (hampir 90%). Dengan komposisi ASI yakni 90% berupa air, maka bayi tidak perlu mendapatkan asupan air lagi meskipun dalam kondisi dan cuaca yang panas. Tentunya dengan komposisi ASI yang cukup encer dengan mudah ASI dapat diterima oleh saluran pencernaan bayi dan balita. Hal ini berbeda dengan susu formula yang tingkat kekentalannya lebih kental dibandingkan dengan ASI. Oleh karena itu terdapat beberapa kasus bahwa bayi dan balita yang diberi susu formula akan mengalami diare.

Jumlah total dari produksi ASI juga berbeda dalam beberapa kurun waktu tertentu. Jumlah atau volume rata-rata 450-1200 ml dengan rata-rata per harinya adalah 750-850 ml per hari. Jumlah tersebut tentunya juga akan berubah ketika sang ibu mengalami gangguan misalnya gizi buruk.

Kemungkinan Bunda mengalami masalah saat proses menyusui buah hati pertama kali ya. Nah, Bunda perlu nih mengkonsultasikan masalah tersebut dengan dokter atau bidan di sekitar tempat tinggal bunda. Selain itu, dukungan dari suami juga diperlukan karena dukungan ini akan mempengaruhi psikologis Bunda lho. Selain itu, Bunda juga harus memperhatikan asupan nutrisi bunda agar semakin memperlancar keluarnya ASI ya. Nah berikut ini 25 makanan pelancar/ penambah / penyubur ASI yang bisa Bunda simak.

1. Air Putih


Dalam proses menyusui, Bunda tetap harus memperhatikan asupan air Bunda ya, karena ASI paling banyak terdiri dari air (hampir 90%) tentunya air minum yang Bunda konsumsi juga akan dibagikan dengan buah hati Bunda nih. Lalu caranya agar tidak sampai terjadi dehidtasi saat proses menyusui serta ASI yang dikeluarkan cukup lancar, maka Bunda harus tetap mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari ya.

2. Daun Katuk


Nah, daun ini sudah sangat terkenal nih Bunda untuk memperlancar ASI Bunda. Karena daun katuk ini mengandung protein, kalium, fosfor, zat besi, serta vitamin C. tak hanya itu, daun katuk juga mengandung asam seskuiterna yang sangat bermanfaat untuk memperlancar ASI Bunda ya.

3. Daun Bayam


Jangan salah ya Bunda, ternyata daun bayam ini juga bermanfaat untuk memperlancar ASI lho Bunda. Daun bayam yang mengandung banyak protein, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, serta beberapa kandungan vitamin yang juga bermanfaat untuk sistem imunitas buah hati Bunda.

4. Kacang Hijau


Si bulat hijau ini merupakan salah satu sumber protein nabati yang cukup baik serta kandungan vitamin B1 yang yang berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi sehingga dengan energi yang cukup, maka Bunda akan semakin bisa memperlancar produksi ASI Bunda.

5. Pare


Nah, si pahit ini ternyata masuk dalam daftar 25 makanan pelancar/ penambah / penyubur ASI lho Bunda. Ternyata disamping manfaatnya untuk memperlancar ASI, ternyata kandungan dalam pare ini juga bermanfaat untuk antioksidan dan untuk memproduksi insulin.

6. Daun Pepaya


Nah, biasanya daun pepaya dimasak apa nih Bund? Oseng daun pepaya dengan daun teri? Botok daun pepaya? Saat Bunda menyusui, salah satu makanan yang berfungsi untuk memperlancar ASI adalah daun pepaya. Kandungan unik yang terdapat di dalam daun pepaya ini justru bermanfaat untuk memperlancar ASI ya Bunda.

7. Pepaya


Bukan hanya daunnya saja yang berfungsi untuk memperlancar ASI, ternyata buah pepaya juga bisa Bunda konsumsi agar produksi ASI lancar ya. Karena kandungan vitamin dan kalium pada pepaya yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk yang mana kandungan kalium inilah yang dibutuhkan saat Bunda menyusui.

8. Soup


Bunda gemar memasak soup? Nah, ternyata kandungan dalam masakan soup ini juga bermanfaat untuk memperlancar ASI Bunda lho. Jangan lupa memasukkan daging ayam dan daging sapi dalam masakan soup Bunda ya.

9. Asparagus


Nah, kandungan asam folat pada asparagus sangat bermanfaat bagi Bunda yang saat ini sedang dalam proses menyusui. Asparagus ini bisa Bunda masak untuk campuran soup yang bisa dikombinasikan dengan daging sapi atau daging ayam.

10. Wortel


Selain kandungan vitamin A nya yang cukup tinggi, ternyata wortel juga memiliki kandungan enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah produksi ASI Bunda lho. Wortel ini bisa Bunda olah menjadi jus atau sebagai campuran soup.

11. Jinten Hitam


Kandungan asam lemak tak jenuh akan mampu melancarkan peredaran ASI Bunda. Selain itu, jinten hitam ini juga berfungsi untuk menambah stamina saat Bunda sedang dalam proses menyusui.

12. Semangka


Kandungan air yang cukup banyak pada buah semangka ini berfungsi untuk memenuhi asupan cairan tubuh Bunda. Selain itu, kandungan vitamin A, vitamin C, serta asam folat yang juga berfungsi untuk semakin memperlancar ASI Bunda.

13. Jambu Air


Kandungan kalsium dan vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan peran otot, saraf, serta meningkatkan sistem imunitas tubuh buah hati bunda. Oleh karena itu, jambu air ini juga sangat baik untuk Bunda konsumsi ya.

14. Labu Siam


Daftar 25 makanan pelancar/ penambah / penyubur ASI selanjutnya adalah labu siam. Kandungan asam folat pada labu siam ini berfungsi untuk pembentukan sel, hemoglobin bayi, serta perkembangan tubuh bayi.

15. Ikan Salmon


Ikan salmon mengandung lemak DHA yang berfungsi untuk perkembangan saraf dan otak bayi. Ikan salmon bisa menjadi alternatif bagi Bunda untuk semakin meningkatkan kebutuhan lemak DHA.

16. Blueberry

 
Buah blueberry ini bisa Bunda konsumsi untuk menjaga stamina dan energi saat Bunda menyusui. Blueberry ini bisa Bunda olah sebagai selai atau jus blueberry yang menyegarkan.

17. Daging Sapi


Tentunya dalam memilih daging sapi yang baik adalah daging sapi yang tanpa lemak. Daging dapi ini berfungsi untuk menjaga kebutuhan energi Bunda ketika Bunda menyusui.

18. Beras Merah


Bunda bisa mengkonsumsi beras merah untuk menjaga berat badan Bunda pasca melahirkan ya. Selain itu, dengan mengkonsumsi beras merah, maka kebugaran Bunda akan tetap terjaga.

19. Jeruk


Daftar 25 makanan pelancar/ penambah / penyubur ASI selanjutnya adalah buah jeruk. Kandungan vitamin C pada buah jeruk ini bisa membuat kondisi imun Bunda semakin terjaga saat proses menyusui.

20. Roti Gandum


Roti gandum yang rendah kalori ini bisa bunda gunakan sebagai camilan ya. Zat besi dan asam folat yang terkandung dalam roti gandum ini berfungsi untuk memperkaya kandungan zat besi dan asam folat yang terdapat pada ASI.

21. Telur


Sebagai kebutuhan protein harian, telur juga bermanfaat untuk melancarkan ASI Bunda. Selain itu, kandungan protein dan lemak yang bermanfaat untuk proses pertumbuhan dan perkembangan buah hati.

22. Oatmeal


Oatmeal ini berfungsi untuk memperbanyak produksi ASI. Oatmeal yang berfungsi untuk memicu hormon oksitosin yang akan berdampak pada lancarnya produksi ASI.

23. Bawang Putih


Bawang putih ternyata mampu untuk menambah produksi ASI Bunda lho. Cuku menambahkan bawang putih ke dalam masakan Bunda dirasa sudah cukup untuk menambah produksi ASI.

24. Kurma


Kurma juga bermanfaat untuk semakin menambah jumlah produksi ASI Bunda lho, cukup konsumsi kurma ini secara teratur ya. Tentunya tidak harus menunggu Bulan Ramadhan untuk membeli kurma, karena saat ini sudah semakin mudah kurma ditemukan di pasaran.

25. Melon


Agar ASI Bunda keluar cukup banyak, cobalah untuk mengkonsumsi buah melon secara teratur ya. Kandungan air pada buah melon ini juga akan bermanfaat untuk melepas dahaga.

Nah, demikian informasi terkait 25 makanan pelancar/ penambah / penyubur ASI. Dalam proses menyusui, Bunda jangan terlepas untuk mengkonsumsi sayur dan buah ya, karena pada dasarnya semua sayur dan buah memberikan dampak yang positif bagi tubuh Bunda. Semoga bermanfaat.