10 Manfaat Dan Kandungan Yang Terdapat Pada ASI Eksklusif

10 Manfaat Dan Kandungan Yang Terdapat Pada ASI Eksklusif

kita semua tahu bahwa ASI eksklusif sangat penting? WHO & UNICEF merekomendasikan agar bayi diberi ASI secara eksklusif selama 6 bulan. Setelah enam bulan, makanan tambahan dan cairan yang aman & tepat harus melengkapi ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi anak muda hingga usia dua tahun. ASI adalah makanan alami yang sempurna, dan ketika bayi disusui secara eksklusif, ada keuntungan bagi si kecil dan ibunya. Namun tahukah bunda akan manfaat ASI Eksklusif terhadap buah hati maupun bunda sendiri, selain mempererat ikatan ibu dan anak? Dan apa saja kandungan nutrisi yang terkandung dalam ASI?

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Bayi

Perut bayi saat lahir kira-kira seukuran ibu jari orang dewasa, hanya bisa memakan waktu antara 12-20ml umpan setiap kalinya. Bayi membutuhkan 600ml-1000ml ASI setiap hari, angka ini membantu bayi untuk menambah berat badan dan mengembangkan organ tubuh. Selain fakta bahwa menyusui terus menerus membantu ikatan antara bunda dan buah hati, ASI benar-benar dan mudah dicerna sehingga sedikit atau tidak ada residu. Dr. Phillips dengan jelas menyatakan bahwa ASI ibu dapat melindungi dan merangsang perkembangan sistem saraf pusat bayi. Menyusui bayi yang baru lahir juga bisa mengurangi risiko kematian bayi baru lahir sebesar 45% sekaligus menambah begitu banyak manfaat lainnya. Maka dari itu sangat penting menyusui banyi hingga umur 6 bulan. Apa saja yang manfaat dari ASI Eksklusif. Berikut ini manfaat dari ASI untuk bayi:

  • Nutrisi yang terkandung dalam ASI tepat untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi
  • Sehat dan terhindar dari penyakit karena mendapatkan antibodi yang dilewatkan melalui air susu ibu
  • Bayi yang diberi ASI cenderung tidak mengalami alergi di kemudian hari
  • Bayi yang diberi ASI kurang berisiko mengembangkan obesitas di kemudian hari
  • Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI memiliki perkembangan otak yang lebih optimal
  • Pemberian ASI menurunkan risiko SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak
  • ASI banyak mengandung bakteri baik
  • ASI eksklusif langsung dari payudara sangat steril
  • ASI mengandung setidaknya seratus bahan tambahan yang pada susu formula tidak ada
  • Tidak ada bayi yang alergi terhadap susu ibu mereka. Walaupun mungkin alergi pada beberapa makanan yang dia makan, tapi ini mudah diperbaiki jika ibu tidak mengonsumsi makanan itu
  • Tindakan menyusui memungkinkan bayi untuk mengembangkan otot rahang yang kuat yang mendorong pertumbuhan gigi yang lurus dan sehat
  • Bayi yang diberi ASI memiliki ikatan yang lebih kuat dengan ibu mereka. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI tumbuh secara sosial lebih mandiri daripada bayi yang mengonsumsi susu formula
  • Bayi yang diberi ASI cenderung lebih dekat dengan ibu dari pada bayi yang diberi susu botol. Kontak kulit ke kulit antara ibu dan bayi memberikan kenyamanan bagi bayi yang baru saja dikeluarkan dari lingkungan rahim.

Manfaat Menyusui Untuk Bunda

Tidak hanya bermanfaat untuk buah hati, menyusui juga memberikan manfaat untuk bunda. Berikut manfaat menyusui untuk Bunda:

  • Tindakan menyusui bayi secara tidak langsung menyebabkan kontraksi rahim, melindungi ibu dari pendarahan pascapersalinan
  • Pemberian ASI eksklusif 99% efektif dalam mencegah kehamilan kedua enam bulan pertama pasca persalinan. ASI eksklusif merupakan KB alami.
  • Mengurangi risiko anemia kekurangan zat besi
  • Kehilangan berat badan lebih cepat dan berkelanjutan. Produksi susu menggunakan 200-500 kalori per hari.
  • Turunkan risiko terkena kanker payudara, ovarium dan rahim
  • Literatur saat ini menunjukkan bahwa pemberian ASI dapat membantu melindungi osteoporosis
  • Menyusui membantu memperkuat naluri keibuan.

Kandungan ASI Eksklusif Yang Tidak Akan Anda Dapatkan Di Susu Formula

ASI adalah makanan yang sempurna untuk bayi. Menyusui telah lama dikenal sebagai cara terbaik untuk memberi makan dan merawat bayi. Mengapa? Karena susu ibu dirancang khusus untuk bayinya. Kandungan nutrisi, vitamin, gizi tentu beda dari susu formula. Bahkan banyak yang tidak akan anda dapatkan di susu manapun. Beberapa hal ini yang membuat ASI berbeda dengan susu formula maupun susu sapi.

  • ASI mengandung nutrisi unik yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Setiap nutrisi tersedia untuk bayi dalam jumlah yang sempurna.
  • Jumlah asam amino yang membentuk protein dalam ASI eksklusif dalam jumlah yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.
  • ASI memiliki lebih banyak laktosa, bentuk gula. Tingkat laktosa yang lebih tinggi ini membantu perkembangan otak.
  • ASI memiliki enzim khusus yang membantu bayi mencerna susu. Salah satu enzim ini memecah komponen lemak ASI sehingga bayi lebih efisien menyerap susu. Awalnya bayi mendapat lebih banyak karbohidrat dan air dengan sedikit lemak. Seiring bayinya terus menyusui, kandungan lemaknya bertambah.
  • Mineral yang terkandung dalam ASI memiliki alat pembawa khusus untuk memudahkan penyerapan ke dalam sistem pencernaan bayi. Vitamin di dalam ASI meningkatkan penyerapan mineral ini untuk memberikan keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan bayi agar tumbuh dan menjadi sehat

Sudah tahukan apa saja yang membedakan ASI eksklusif dengan susu lainnya. Lalu kandungan pada ASI apa saja? Berikut ini adalah kandungan dan nutrisi dalam ASI.

  1. Protein

ASI eksklusif mengandung dua jenis protein yaitu kasein dan whey. Kira-kira 60% yang terkandung dalam ASI adalah whey, sedangkan 40% kasein. Keseimbangan protein ini memungkinkan bayi mencerna makanannya dengan cepat dan mudah. Sebanyak 60 hingga 80% protein dalam protein manusia adalah protein whey. Berikut spesifikasi dari protein yang diterkandung dalam ASI Eksklusif dan manfaatnya:

  • Lactoferrin memiliki manfaat untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri dalam tubuh yang bergantung zat besi di saluran cerna. Lactoferrin tak hanya menghambat bakteri tetapi juga organisme, misalnya koliform dan ragi.
  • Sekretor IgA yang kita tahu adalah sebagai imun alami tubuh, ia akan melindungi dari bakteri dan  virus. Bayi juga akan terlindung dari E. Coli dan mungkin alergi. Imunoglobulin lain seperti IgM dan IgG, yang terkandung juga dalam ASI melindungi buah hati bunda dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Banyaklah mengonsumsi makanan laut akan meningkatkan jumlah protein ini dalam ASI Anda.
  • Lysozyme. Selain IgA lysozyme juga melindungi bayi dari Salmonella dan E. Coli. Lysozyme meningkatkan flora usus sehat dan ia juga sebagai anti-inflamasi.
  • Faktor Bifidus yang terkandung dalam protein berperan dalam pertumbuhan bakteri lactobacillus yang akan melindungi bayi dari bakteri berbahaya.
  1. Lemak

Dalam ASI eksklusif terkandung susunan lemak yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan bayi Anda dan menjadi sumber tenaga utama yang harus dikonsumsi oleh tubuh kita. Lemak dalam ASI juga berperan dalam perkembangan otak anak, penyerapan vitamin larut dalam lemak yaitu vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Asam lemak yang memiliki gugus rantai panjang dibutuhkan untuk pengembangan otak, retina, dan sistem saraf.

  1. Vitamin

Jumlah dan jenis vitamin dalam ASI berhubungan langsung dengan asupan vitamin ibu. Inilah sebabnya mengapa penting mendapat nutrisi dan vitamin yang cukup selama kehamilan maupun menyusui. Vitamin sangat penting bagi kesehatan bayi.

  1. Karbohidrat

Pada ASI terkandung juga karbohidrat. Karbohidart utama yang ditemukan dalam ASI adalah Laktosa. Laktosa berperan aktif dalam mengurangi bakteri tidak baik dan tidak sehat yang tumbuh di perut. Penyerapan fosofr, kalsium, dan magnesium dalam tubuh akan meningkat jika mengonsumsi laktosa ini. Ini membantu melawan penyakit dan mendorong pertumbuhan bakteri sehat dalam perut.

Menyusui buah hati secara langsung atau biasanya disebut dengan pemberian ASI eksklusif sangatlah penting. Kandungan dalam ASI eksklusif memberikan manfaat baik bada bunda maupun bayi. Mulai dari kesehatan, kecerdasan hingga tumbuh kembang anak. Sedangkan untuk bunda sendiri ASI eksklusif akan memperkuat sifat keibuan, sebagai KB alami, pencegah osteoporosit, mengurangi anemia, dan menurunkan resiko kanker rahim serta ovarium. Penting sekali ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Ayo bunda menyusui buah hati 6 bulan pertama. Pemberian ASI eksklusif sangat menentukan masa pertumbuhan dan masa depan buah hati.